Jumat, Oktober 09, 2009

Young Film Director. Citra Pariwara 2009

PANDUAN PENDAFTARAN YOUNG FILM DIRECTOR

Ajang unjuk diri bagi para sutradara muda berbakat di bawah usia 32 tahun di Indonesia. Dengan kegiatan ini diharapkan akan muncul sutradara-sutradara muda untuk dunia periklanan yang baru dan mampu meningkatkan kualitas iklan Indonesia ke manca-negara. Kompetisi ini mendapatkan dukungan sepenuhnya dari Ikatan Perusahaan Film Iklan Indonesia (IPFII).

PERSYARATAN

1. Warga Negara Indonesia kelahiran 1 Januari 1978 atau sesudahnya (tidak dibatasi apakah peserta sudah bekerja ataupun belum bekerja)
2. Satu peserta dapat mengirimkan lebih dari satu karya
3. Mengirimkan karya iklan televisi yang menceritakan bagaimana kemajuan teknologi, khususnya internet, telah mengubah kehidupan manusia saat ini (Lihat: Penugasan/brief di bawah)
4. Karya dapat diambil dengan segala jenis kamera (mulai dari kamera mobile-phone, kamera compact digital, handycam dan sebagainya)
5. Materi lomba dikirim dalam bentuk digital file yang disimpan di CD/DVD dengan tipe dokumen video MPEG-2 (kompatibel dengan Windows Media Player untuk PC), encoded dengan bit rate antara 8-10 mbps, 25 fps, sistem PAL dengan ukuran 720 x 576. Tanpa color bar, slide identitas iklan (ID Board) dan counter. Narasi/teks versi bahasa Inggris ditampilkan dalam format subtitle di iklan tersebut. Durasi film maksimal adalah 180 (seratus delapan puluh) detik atau 3 (tiga) menit. Harus diberi label judul iklan pada CD/DVD

Karya tersebut, dilengkapi data-data peserta dan Formulir Pendaftaran, didaftarkan selambat-lambatnya 24 Oktober 2009 pukul 17.00 WWIB dengan membayar uang keikutsertaan sebesar Rp 200.000,-/karya ke alamat:

Panitia Young Film Director 2009
Sekretariat PPPI
Jalan Wolter Monginsidi No. 88A, Lantai 2
Jakarta 12170
Tel. 021-9130 6913
Fax. 021-725 2613

Pembayaran biaya keikutsertaan dapat dilakukan dengan tunai atau disetor melalui bank (bukti setor atau transfer wajib dilampirkan pada saat penyerahan/ pengiriman formulir). Pembayaran melalui transfer ditujukan kepada:

PPPI Citra Pariwara
BANK MANDIRI
Cabang Jakarta Gedung Tira
A/C: 124-00-9803536-4

Pembayaran secara tunai dapat dilakukan di Sekretariat. Panitia tidak menerima pembayaran dengan cek tunai.

Karya-karya peserta yang sudah dikirim menjadi hak panitia dan tidak dapat diminta kembali.

PEMILIHAN PEMENANG

Dewan Juri Young Film Director Award 2009 akan memilih 3 (tiga) sutradara muda berbakat terbaik.

PENGHARGAAN & HADIAH

Pemenang akan memperoleh piala dan sertifikat Citra Pariwara yang akan dipersembahkan oleh Ikatan Perusahaan Film Iklan Indonesia (IPFII). Pengumuman pemenang akan dilakukan bersamaan dengan Malam Anugerah Citra Pariwara 2009 pada 20 November 2009.

Pemenang (hanya satu orang) juga mendapat kesempatan menghadiri Asia Pasific Advertising Festival (AP Adfest) 2010 di Pattaya. Biaya peserta, transportasi dan akomodasi ditanggung oleh PPPI. Biaya-biaya lainnya, seperti pembuatan paspor, fiskal, transportasi lokal di Jakarta maupun di Thailand, keperluan/pengeluaran pribadi dan sejenisnya, ditanggung sendiri oleh pemenang.

PENUGASAN YOUNG FILM DIRECTOR 2009

Film adalah anak kandung teknologi.

Mungkin artefak budaya yang paling akrab dengan perkembangan teknologi adalah film. Tidak heran, dari awal kemunculan film, yang menjadi bidan adalah para penemu: Lumiere, Thomas Alva Edison, Max and Emil Skaladanowski.

Sampai sekarang, film dan teknologi terus berhubungan erat. Banyak kemajuan di bidang film yang didahului oleh berbagai penemuan teknologi terbaru. Banyak juga film yang menginspirasikan para penemu untuk bekerja lebih keras lagi, menemukan hal-hal yang diimpikan para pembuat film.

Wajar kalau akhirnya sekarang pembuat film begitu akrab dengan teknologi. Apalagi, teknologi yang berkaitan dengan kepentingan produksi film berkembang dengan begitu cepat dan semakin memudahkan para pembuat film untuk berkarya.

Tapi apakah keakraban antara pembuat film dengan teknologi dibarengi dengan ketajaman mereka mengamati perubahan yang terjadi akibat teknologi?

Apakah pembuat film sadar ada pola-pola yang perlahan berubah, yang sebenarnya terjadi jelas-jelas di hadapan kita.

Komputer-komputer super cepat dengan harga super murah yang membuat semua orang mampu melakukan hal-hal yang sepuluh tahun lalu hanya bisa dilakukan di Hollywood.

Handphone maha pintar yang membuat setiap manusia bisa melakukan segalanya.

Social networking site membuat kita memiliki ekstensi yang luar biasa panjang dan lentur di dunia digital.

Bandwith berukuran raksasa yang mampu mengunduh ribuan file, termasuk film.

Seharusnya ada perubahan pola yang terjadi, karena kita adalah manusia yang selalu menyusaikan diri, demi kelangsungan hidup itu sendiri.

Pola-pola pergaulan yang berubah. Pola pertemanan yang berbeda. Pola hubungan orang tua dan anak yang jadi berbeda. Pendeknya: kehidupan yang berubah.

Seharusnya, dengan teknologi yang ada di tangan para pembuat film saat ini, mereka bisa dengan mudah menangkap perubahan yang terjadi.

Menangkap revolusi yang diam-diam sedang bergerak di antara berjuta teknologi yang digunakan manusia di Indonesia.

Buatlah sebuah film pendek berdurasi maksimal 180 detik, atau 3 menit, mengenai hal itu, dengan pendekatan bebas, gaya apa saja yang Anda sukai, dan format apapun yang tersedia atau Anda miliki.

Selamat berkarya.

=====================================================================================
Untuk mengunduh formulir pendaftaran silahkan klik link di bawah ini :

Formulir Pendaftaran, Young Film Director. Citra Pariwara 2009

Jika yang pertama gagal bisa mencoba link alternatif ini :

Formulir Pendaftaran 2 , Young Film Director. Citra Pariwara 2009

just click this word please :
Forum Film MMTC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar