Sabtu, September 06, 2008

Tips dari David Horatio

Ini ada beberapa tips buat sutradara pemula. Semoga bermanfaat…


DEALING WITH ACTORS
By David Horatio (an independent producer and director)

Beberapa kesalahan yang sering dibuat oleh filmmaker baru dalam hal hubungan antara sutradara dan pemain :

1.Memperlakukan pemain seperti manusia setengah dewa.
Kalau pemainmu bertindak buruk, segera pecat dia tanpa ampun. Kecuali kalau nama pemainmu menghasilkan uang yang banyak pada proyekmu, tak ada satu pemain atau kru yang boleh bertindak indisipliner.

2.Lebih banyak berbicara tentang arti dari proyekmu daripada materi visi.
Mungkin inilah kesalahan paling umum yang dilakukan sutradara. Sutradara suka berbicara tentang tema dan metafora, tapi pemain tidak bisa bekerja dengan tema dan metafora. Kamu tidak sedang menulis sebuah tugas bahasa inggris, tapi kamu sedang membuat film!

3.Bekerja dengan pemain amatir.
Kamu tidak kaya. Kamu tidak terkenal. Kamu tidak bisa menyewa pemain profesional. SALAH! Saya berani bersumpah atas nama Tuhan, kamu bisa menyewa pemain profesional. Kamu tidak perlu meng-casting saudara tiri kamu (misalnya) untuk mencari pemain. Masalah malah akan datang. Menyewa pemain profesional memerlukan beberapa prosedur dan etika tertentu. Saya akan mengatasi bagaimana kamu akan seperti profesional dalam beberapa menit.

4.Sedikit menggunakan waktu untuk berlatih, atau yang lebih buruk, tanpa latihan.
Jadi kamu hanya menghabiskan waktu beberapa menit untuk “warm up” lalu sesudah itu langsung shooting. KESALAHAN BESAR PARA PEMULA! Mungkin iya kalau kita berada di ranah televisi. Aktor mempunyai waktu satu minggu (atau kurang) untuk membaca, mengingat, dan latihan 50-60 lembar naskah. Tapi untung saja kamu tidak bekerja di televisi (kalau iya, saya bersimpati padamu). Aktor membutuhkan waktu dan perhatianmu untuk membangun karakter, membangun adegan, dan membuat film yang membuatmu bangga. Banyak sutradara yang tidak mengambil waktu dalam proses ini dan akhirnya membuat banyak kekurangan dalam filmnya.

5.Menolak kritik dari para profesional.
Kalau kamu masih membaca tips ini, kamu mungkin tidak mempunyai masalah dengan itu, tapi tidak banyak membantu dalam proses kualitas kerja penyutradaraan. Bahkan profesional yang suksespun harus memasang telinga pada informasi dan petunjuk-petunjuk baru. Di Hollywood seringkali pada saat sutradara membuat film yang sukses, ego mereka mengambil alih. Dan mereka berasumsi setiap langkah yang mereka ambil adalah langkah yang terbaik. Suatu saat proyek mereka akan lumpuh dan karir mereka tidak akan mengalami kemajuan.

6.Menerima kritik yang tak bernilai dari teman dekat dan rekan kerja.
Apakah teman dekatmu mengerti bagaimana mengarahkan aktor? Mungkin tidak. Pacarmu? Tak mungkin. Jangan sembarangan menerima kata-kata dari orang lain. Tips penyutradaraan yang bagus ialah diantara yang “sedikit dan jauh”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar